Hai sobat kali ini saya akan membagikan kepada kalian tentang pengertian dan penyebab SIDS, apa ya SIDS itu. cekidot :
SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) adalah suatu kondisi ketika bayi berhenti bernapas, biasanya terjadi di malam hari, dan meninggal mendadak tanpa penyebab yang jelas. Di amerika serikat , SIDS masih menjadi penyebab kematian terbesar, terdapat hampir 3000 bayi meninggal karena SIDS ( The Hospital for Sick Children dkk., 2010). Resiko tertinggi untuk mengalami SIDS terjadi di usia 4 hingga 6 minggu .


Sejak Tahun 1992, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi di tidurkan dalam posisi terlentang karena dapat mengurangi resiko SIDS ; sejak saat itu frekuensi bayi A.S yang meninggal karena SIDS berkurang secara drastis. Para peneliti menemukan bahwa resiko mengalamai SIDS akan berkurang apabila bayi tertidur terlentang , bukan dalam posisi tengkurap atau miring . Salah satu faktor yang menyebabakan posisi tidur yang tidak baik dapat memepertinggi resiko mengalami ISDS karena cara tidur seperti itu akan mempersulit bayi untuk bangung dari tidurnya dan untuk menelan secara efektif . Sebuah studi terkini mengungkapkan bahwa di usia 3 bulan sebanyak 26 persen ibu ibu di A.S , tidak menjalankan posisi terlentang yang direkomendasikan terhadap bayi mereka selama waktu tidur malam hari .

Selain posisi tidur yang riskan , para peneliti juga menemukan sejumlah faktor resiko lainya pada bayi yang berkaitan dengan SIDS sebagai baerikut :

  • SIDS kurang mungkin terjadi pada bayi yang memakai pemacu ketika tidur .
  • Bayi dengan berat badan rendah memiliki kemungkinan 5 hingga 10 kali lebih besar untuk meninggal karena SIDS dibandingkan bayi yang memiliki berat badan normal.
  • Bayi yang saudara kandungnya meninggal karena SIDS akan memiliki kemungkinan 2 hingga 4 kali besar untuk meninggal karena SIDS pula
  • Dari seluruh bayi yang mengalami sleep apnea , berhentinya pernapasan selama beberapa saat karena penyumbatan di salauran udara yang biasanya berlangsung selama 10 detik atau lebih, 6 persen di antaranya meninggal karena SIDS .
  • SIDS lebih banyak dijumpai di kelompok sosioekonomi rendah
  • SIDS lebih banyak dialami oleh bayi yang secara pasif menghirup asap rokok.
  • ISDS lebih banyak di alami oleh bayi yang tidur di atas alas yang empuk
  • SIDS jarang dialami oleh bayi yang tidur di ruangan dengan kipas angin. Studi terkini mengungkapkan bahwa tidur d ruangan dengan kipas angin akan menurunkan resiko SIDS sebanyak 70 persen.
  • SIDS terjadi lebih serinh pada bayi yang menderita abnormalitas fungsi batang otak yang mencakup neurotransmitter serotonin 

    REFERENSI : Life-Span Development, edisi ketigabelas jilid 1 , oleh : JOHN W.SANTROCK